WASPADA! TAK KENAL TUA ATAU MUDA INILAH SEDERET MASALAH JIKA DIABETES MULAI MENGGEROGOTI TUBUH KAMU...

Masalah yang paling identik dikaitkan dengan diabetes adalah luka yang menjalar dan meluas di area kaki. Padahal disamping masalah ini masih banyak masalah kesehatan yang timbul sebagai dampak diabetes.

Dijelaskan dr. Ihsan Oesman, Sp. OT (K) seorang dokter spesialis ortopedi, diabetes bisa menimbulkan banyak gangguan kesehatan lebih daripada sekedar luka. “Banyak akibatnya, mulai dari kualitas sperma yang menurun, kualitas tulang juga rendah, belum lagi penglihatan mata yang samar,” kata dr. Ihsan.

Dari berkurangnya fungsi organ dan anggota tubuh ini pastinya kualitas hidup juga akan menurun. “Pengaruhnya banyak, sebut saja kalau kualitas sperma enggak bagus maka maaf dia enggak bisa punya anak.

Belum juga rapuhnya tulang di usia produktif, sebenarnya diabetes bukan hanya menurunkan kualitas diri tapi juga berdampak pada keluarga,” bebernya. Usia pengidap diabetes tidak bisa dipatok karena banyak pasien yang masih berusia muda yang tingkat diabetesnya sudah tinggi. 

“Usia produktif tidak menutup kemungkinan, saya pernah mengamputasi kaki pasien yang umurnya 30-an. Ini kan masih dibilang usia muda,” lanjut dr. Ihsan. Pria yang berdinas di RS. Pondok Indah-Puri Indah ini mengatakan peran keluarga dan keniatan untuk sembuh menjadi modal utama harapan pasien.

“Dukungan keluarga sangat penting, niat si pasien untuk sembuh juga jadi hal penting. Kalau enggak niat pasti berobatnya tidak lanjut. Dan satu lagi jangan banyak minum minuman kemasan yang tinggi gula,” tutupnya.